expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 24 September 2014

Ini Kotaku, Kota Gresik



     
      




       Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah yang ada di Propinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah utara  kota Surabaya. Kabupaten Gresik memiliki obyek dan daya tarik wisata yang cukup banyak dan potensi untuk dikembangkan, antara lain:



  1. Wisata alam sebanyak 15 obyek yang meliputi: goa, danau, pantai, air terjun dan air panas.
  2. Wisata budaya sebanyak 15 obyek yang meliputi: situs dan purbakala berupa makam dan petilasan.
       Obyek-obyek tersebut berada di wilayah daratan dan di wilayah kepulauan Bawean.
Di wilayah daratan obyek dan tarik wisata Pulau Bawean banyak berupa wisata alam. Ciri khas kesenian kota Gresik adalah Damar Kurung. Damar Kurung merupakan salah satu dari ikon Kota Gresik yang sekaligus sebagai souvenir lampu khas kota ini . Keberadaan Seni Hias Damar Kurung asal Gresik merupakan salah satu peninggalan dari seni budaya tradisional Jawa Timur, yang keberadaannya sudah hampir punah karena dianggap tidak praktis dan kurang ekonomis. 
Damar Kurung (courtesy of google)






Di Kota Gresik juga ada ciri khas budayanya looohh ... ada malam selawe (25) dan Pasar bandeng. Keduanya menjadi tradisi khas Kota Gresik dan pastinya hanya bisa di temukan di bulan Ramadhan saja .  
Pasar Bandeng (courtesy of google)
       Malam selawe atau dalam bahasa yang mudah di kenal malam 25 itu biasanya diadakan di hari ke-24 ramadhan yang diadakan di makam Sunan Giri. Tradisi malam selawe atau menjelang hari ke 25 ramadhan bisa dibilang malam puncak ramdhan banyak peziarah yang datang ke Makam Sunan Giri , mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang yang tua dan lanjut usia. Mereka tak hanya dtang dari daerah Gresik dan sekitarnya tapi dari peziarah luar daerah, bahkan luar Pulau .



sumber : 
http://damarkurunggallery.blogspot.com/p/sejarah-damar-kurung.html 
http://www.martechindo.com/gresik.html 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar